Cara mencari jumlah pesaing keyword anda

Halo sahabat blogger, kali ini saya hanya mau menulis salah satu cara riset keyword, yaitu mencari pesaing sebenarnya dari keyword yang akan kita pilih. Caranya tidak menggunakan software/script kok...
Untuk menemukan jumlah kompetitor keyword pilihan kita, cukup melakukan pencarian/searching di google atas keyword pilihan kita.
langsung pake contoh aja ya, biar bisa jelas dan bisa dicoba sendiri, misal keyword yang diambil "tutorial blogging".
Pertama, silahkan googling di google search engine dengan memasukan keyword dikolom search. maka akan muncul hasil pencarian sebanyak 15.300.000.mmm.. banyak juga ya, banyak yang merekomendasikan untuk menemukan keyword low competition cari yang kurang dari 10.000.000 hasil pencarian, bahkan ada yang menyarankan kurang dari 5.000.000. cuma karena kali ini kita hanya akan membahas pesaing keyword kita. untuk hal ini kita lewati dulu ya.
Kedua, silahkan klik page berikutnya sehingga di URL-nya akan muncul seperti ini :
https://www.google.co.id/search?q=tutorial+blogging&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a#q=tutorial+blogging&hl=id&client=firefox-a&hs=RKN&rls=org.mozilla:en-US:official&prmd=imvns&ei=ADfvT-bMFZDorQfSlsW9DQ&start=10&sa=N&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_cp.r_qf.,cf.osb&fp=9378bf5ef0be33d3&biw=1360&bih=548
temukan tulisan "start=10&" kemudian ganti menjadi "start=990" sehingga muncul lah hasil pencarian hanya 59 page yang melakukan optimasi keyword tersebut.
Selesai, ternyata saingan keyword tersebut gak banyak ya,...
Dapet info dari forum sebelah, sekedar buat patokan aja jika hasilnya kurang dari 200, masuk kategori sangat mudah untuk dioptimasi.
detilnya seperti ini :
> 500 --> Sulit
400 - 500 --> Menengah
200 - 399 --> Gampang
< 200 --> Gampang banget
Jadi kesimpulannya untuk keyword tutorial blogging pesaing keywordnya sama hanya 59 situs/pages. dan angka itu masuk ke kategori "gampang banget"
Cuma itu aja kok cara untuk mengetahui jumlah pesaing keyword pilihan kita. semoga bermanfaat.

1 komentar:

Toko Himalaya mengatakan...

Trima kasih atas masukan nya....

Posting Komentar